Guru Harus Mengikuti Perubahan

Kurikulum 2013 (K-13) sangat bermanfaat bagi perubahan perilaku siswa maupun guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. “Dalam K 13 ada 4 kompetensi yang dikembangkan, yaitu aspek spiritual (K1), aspek sosial (K2), aspek pengetahuan (K3), dan aspek ketrampilan (K4), demikian urai Ata’ur Rahman, ketika ditemui Madura Aktual, Rabu (28/01/2015) 

Pengawas pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep ini menyatakan apabila 4 kompetensi itu dilaksanakan dalam proses pembelajaran hasilnya sangat luar biasa karena bener-benar bisa merubah perilaku siswa. 

“Itu hasil monitoring saya selaku tim monitoring dari LPMP di wilayah regional Madura dan Surabaya” ujar praktisi pendidikan ini yang akrab dipanggil Ta’ong 

Menurutnya, para siswa yang belajar dengan menggunakan kurikulum 2013 terjadi perubahan pada prilakunya dan lebih berkarakter, pada sisi pengetahuan lebih menguasai teori dan prakteknya karena pendekatan dan model pembelajarannya lebih fokus pada sintak dan saintifik. 

“Karena manfaatnya luar biasa bagi perubahan mindsed anak dan guru maka seharusnya lembaga pendidikan di semua jenjang lebih pro aktif untuk meenjalankannya di masing-masing satuan pendidikan”. urainya 

Walaupun demikian, tambahnya, tidak menampik bahwa kesulitan yang dihadapi para guru ada pada pembuatan lembar kerja dan penilaian, “Semua itukan bisa diperdalam dalam proses pelaksanannya, karena apa? Materi pembelajaran hampir sama dengan sebelumnya, yang berbeda adalah pendekatan dan strategi pembelajarannya”. 

Menurutnya, para guru bisa memanfaatkan media yang sudah ada di sekolah masing-masing karena sistem pembelajaran yang dipakai adalah CTL, “guru tinggal memahami dalam memilih model pembelajarannya, sintak dan saintifiknya dan penilaian oatentiknya, penekanannya pada 3 ranah ini.”, katanya 

Yang abadi dalam kehidupan hanya ada 2, yang pertama keesaan Allah dan kedua adalah perubahan. Artinya guru harus mengikuti perubahan karena perubahanan adalah abadi. Nah, untuk mengikuti perubahan harus mengikuti perkembangan kurikulum. 

Karena, tambahnya,  siapa yang tidak mau mengikuti perubahan kurikulum maka akan ditinggal oleh perkembangan jaman. Guru sebagai agen perubahan di seluruh pelosok harus merubah minsed dan pola pikir, makanya guru wajib mempelajari dan melaksanakan kurikulum 2013, pungkasnya (elma)