Mengobati Darah Kental Secara Alami

Istilah darah kental atau kekentalan darah tak jarang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Manakala kondisi ini menunjukkan adanya agregasi dalam pembuluh darah, orang sering kali salah mengidentikkan kekentalan darah sebagai suatu keadaan darahnya dalam kondisi kental. 

Definisi darah kental ini adalah keadaan dimana darah lebih mudah menggumpal, mudah membeku dan mengental dibanding darah normal, sehingga mengakibatkan aliran darah terputus sehingga suplai zat nutrisi pada jaringan yang di lewatinya menjadi terhenti dan mengakibatkan kematian pada jaringan tersebut. Darah menjadi kental karena kekurangan cairan darah atau trombosit (zat yang berperan dalam pembekuan darah) sehingga mudah lekat satu sama lain. 

Bila seseorang memiliki kolesterol tinggi atau punya kebiasaan merokok, darah yang sudah kental semakin susah mengalir. Di dunia kedokteran, darah kental sebenarnya bukan hal baru, tetapi tidak banyak orang tahu atau waspada dengan darah kental. Padahal, sudah banyak korban stroke atau serangan jantung akibat darah kental.

Kekentalan darah disebabkan proses pembekuan yang terlalu cepat atau disebut agregasi. Orang yang memiliki 'bakat' ini bisa mudah beku darahnya. Namun, hal ini tidak sama dengan tingginya trombosit, yang mana orang yang trombositnya berlebih belum tentu mengalami kekentalan darah," ungkapnya dalam talkshow bertajuk "Kekentalan Darah dan Penyakit Jantung" yang diselenggarakan Sun Hope Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

Penyebab lain yang sering dialami penderita darah kental, diantaranya:

Pola Makan; Pola makan adalah prosentase terbanyak dari terjadinya pengentalan darah, bahkan 60 % penduduk Indonesia mengalami pengentalan darah dikerenakan pola makan yang tidak teratur

Pola Pikir : pola pikir juga bisa menyebabkan darah kental, karena stress danmudah marah.

Pola Hidup: Pentingnya meluangkan 15 menin waktu kita untuk berolah raga sangatlah penting loh, selain badan kita sehat, peredaran darah lancar, juga bisa menjauhkan dari berbagai penyakit, seperti darah kenal.

Lingkungan: Hati-hati bila ada berada diperkotaan, Polusi Udara bisa memicu pengentalan darah juga.

Gejala Darah Kental
  • Sakit Mata
  • Sakit Kepala
  • Badan Lemas
  • Kepala Pusing
  • Sering Migrain
  • Sering Mengantuk
  • Kekurangan Darah
  • Pegal Pada Seluruh Tubuh
Makanan Pengencer Darah Kental
Pada dasarnya, pembekuan darah memang diperlukan dalam proses penyembuhan luka dan dapat menghentikan pendarahan yang bisa mengakibatkan kehabisan darah. Namun, apabila darah terlalu kental bisa berakibat buruk bagi kesehatan, karena bisa menyebabkan penyakit ginjal, stroke dan serangan jantung yang pastinya bisa berujung kematian.

Ada beberapa pengetahuan mengenai Makanan Pengencer Darah Beku. Di apotik-apotik memang banyak dijual obat pengencer darah kental yang terbuat dari bahan bahan kimia yang mampu mengencerkan darah dengan cepat. Namun, apakah anda tidak khawatir efek samping yang akan kita dapatkan setelah mengkonsumsi obat-obatan kimia tersebut? Untuk itu mari kita simak beberapa makanan pengencer darah beku yang mampu mengencerkan darah secara alami.

1. Makanan sehat pengencer darah juga bisa berupa buah – buahan yang mengandung banyak vitamin K dan E. Dan juga buah – buahan yang mengandung enzim bromelain seperti seperti nanas, tomat, manggis, anggur, kiwi, dan jahe.

2. Salah satu jenis makanan pengencer darah darah yang terbukti bisa melancarkan darah adalah cuka apel (apple cider vinegar). Cuka apel bisa menjadi makanan pengencer darah karena dalam cuka apel terdapat kalium yang mampu memecah lemak dan protein dalam darah. Komsumsi cuka apel juga mampu menekan produksi hormon angiotensin II yang menyebabkan terjadinya penyempitan arteri. Dengan menggunakan cuka apel dalam makanan yang kita masak sama artinya kita telah mengubah makanan yang kita komsumsi menjadi makanan pengencer darah.

3. Makanan pengencer darah lainnya adalah bawang putih. Sekarang ini sudah banyak suplemen bawang putih yang dikenalkan sebagai makanan pengencer darah. Namun perlu diwaspadai, konsumsi suplemen bawang putih secara berlebihan juga tidak disarankan. Karena hal itu bisa mengakibatkan interaski dengan obet pengencer darah yang bisa meningkatkan resiko terjadinya pendarahan.

4. Yang terakhir, tentu saja minum air putih yang banyak. Dengan mengkosumsi banyak air putih tentunya dapat membantu mengencerkan darah secara alami. (dari beberapa sumber)