Penyebab Terjadinya Listrik Di Madura Padam

Madura Aktual, Pamekasan; Terjadinya pemadaman listrik di wilayah Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Rabu, (28/01/2015) sejak pukul 19.00 sampai 21.09 WIB, merupakan hal tak biasanya. 

Sejumlah warga sempat was-was, dikhawatirkan terjadi lagi pemadaman listrik sebagaimana tahun 1999 lalu selama tiga bulan.

Pemadaman listrik yang terjadi di Pulau Madura ini, Manajer PLN Rayon Pamekasan, Purnomo ketika dikonfirmasi awak media membenarkan terjadinya pemadaman listrik se – Madura. Pihaknya menerima informasi yang diterima dari rekan-rekannya ada gangguang pada penghantar.

“Gangguan penghantar, Krian – tandes 1 dan 2 trip. Tandes-perak 1 dan 2 trip. Menyebabkan pasokan ke madura habis,” katanya meneruskan sms yang diterima dari rekannya.

Dijelaskannya, trip adalah kondisi di open (lepas) secara automatis apabila terjadi gangguan. Sehingga ada 7 Gardu Induk (GI) yang tidak mendapatkan pasokan listrik. 

Gardu induk yang tidak mendapatkan pasokan masing-masing GI ujung, GI Kenjeran, GI Gilitimur, GI Bangkalan, GI Sampang, GI Pamekasan dan GI Sumenep. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan akan menyala kembali. (syam/mc)