SMAN I Batuan, Tanamkan Pembiasaan Siswa Baca Yasin

Drs. Salehoddin, KS SMAN I Batuan
Madura Aktual; Perilaku yang baik dan positif bagi guru akan berdampak karya yang baik dalam prestasi kerja yang baik pula, demikian juga pada siswanya. Itulah konsep pemikiran Drs. Salehoddin, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Batuan, Sumenep, Madura, ketika ditandangi Madura Aktual, Kamis (26/02/2015) 

“Jadi semuanya harus bisa mengubah mindset. Orang tua, pemimpin, guru, karyawan dan siswa harus harus membangun kebersamaan dalam konsep yang sama”, uangkapmya Konsep itulah yang ditanamkan di sekolahnya yaitu dengan cara pembiasaan. 

“Setiap pagi 10 menit sebelum belajar dimulai siswa membaca surah Yasin. Ini berdampak luar biasa pada anak untuk mendisiplinkan diri”, jelas Saleh 

 Menurutnya, sejak pembiasaan ini ditanamkan pada anak didik, mereka yang biasa datang terlambat masuk sekolah, akhirnya bisa berubah dengan tepat waktu, “Karena mereka juga ingin dapat berkah dari membaca surah Yasin yang penuh khasiat dan fadhilah,”, katanya. 

Selain itu, tambah Saleh, program lain yang dikembangkan yaitu bakti sosial, donor darah yang bekerjasama dengan (Palang Merah Indonesia (PMI) Sumenep. “Tujuan dari kegiatan ini adalah memotivasi dan menanamkan kepada anak untuk saling berbagi“, uangkapnya. 

“Kami juga kerjasama dengan Polres Sumenep dalam pembinaan dan pencegahan kenakalan , penyimpang, termasuk pencegahan narkoba”, jelasnya. 

Dalam hal kesedarang lingkungan di lembaga pondidikannya juga ditanamkan pemahaman mencintai lungkungan, dan membiasakan mengatur dan bertanggungjawab pada kebersihan dan keindahan di area kelasnya. 

“Ini program untuk area sekolah, sedang program jangka panjang yang dikembangkan, lebih berorientasi pada keberlangsungan siswa setelah lulus sekolah”, pungkas Salehuddin. (El)