Koruptor Itu Lupa Pancasila dan UUD 45

Sunyoto (kiri)
Madura_Aktual, Sumenep; Sejak diproklamirkan kemerdekaan  Republik Indonesia  72 tahun lalu, kemerdekaan ini bukan serta merdeka lahir begiru saja, melainkan dari hasil perjuangan para pahlawan bangsa dan rakyat Indonesia.

Untuk itu, generasi sekarang ini kerap lupa dan tidak mengenal, bagaimana perjuangan jaman dulu sampai berdarah-darah, yang kemudian diproklamirkan kepemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah banyak makan korban jiwa, harga dan kehidupan lainnya.

Salah satu veteran di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bernama Sunyoto (85) tidak sekedar mengisahkan kisah perjuangan bangsa, tapi juga memberikan pesan khusus untuk generasi bangsa yang kini tinggal menikmati kemerdekaan itu.

Veteran yang tinggal Jalan Seludang, Kecamatan Kota Sumenep ini menyoroti cara generasi saat ini yang tidak lagi mencintai negaranya dengan memperjuangkan bangsanya sendiri, melainkan menggerogoti dengan cara melakukan tindak pidana korupsi.

“Para generasi bangsa jangan hanya menikmati hasil dari kemerdekaan, jangan hanya bisa korupsi tanpa memberikan kontribusi kepada bangsa ini,” katanya, Jumat (18/8/2017).

Dia berpesan agar para generasi muda harus belajar semangat para pejuang kemerdekaan dalam membangun bangsa Indonesia. Sebab, apabila generasi muda memiliki semangat sebagaimana para pejuang 1945, dirinya yakin Indonesia akan lebih sejahtera.

“Setidaknya apabila tidak mampu memperjuangkan seperti itu (seperti semangat pejuang memerdekaan Indonesia), ya setidaknya jangan sampai korupsi,” pesannya.

Kakek asal Jawa Tengah ini mengaku miris ketika mendapat informasi tentang banyaknya pejabat pemerintah yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Katanya, mareka seakan lupa perjuangan para Veteran dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Kami miris mendengarkan ketika Ketua DPRD dan anggotanya juga secara bersama-sama melakukan korupsi. Apakah mereka lupa Pnacasila, lupa Undang-undang Dasar 45. Generasi bangsa harus tahu dan selalu ingat, Kemerdekaan ini hasil perjuangan maha berat,” selorohnya. (MM)