Sering Gunakan Ponsel Suasana Gelap Bisa Picu Kebutaan

Saat ini, penggunaan gadget seperti smartphone dan tablet sudah sering dilakukan baik oleh anak-anak hingga orang dewasa, penggunaannya pun terkadang tidak mengenal waktu.

Sebagian dari anda mungkin sering menggunakan gadget hingga menjelang tidur, hal ini ternyata sangat berbahaya terutama ketika menatap layar smartphone atau tablet tersebut dalam kondisi ruangan gelap.

Berdasarkan laporan para dokter dari  New England Journal of Medicine mengatakan bahwa penggunaan smartphone dalam gelap sangat berbahaya dan berpotensi untuk memicu kebutaan, para dokter tersebut bahkan telah menemukan kasus dimana terdapat dua orang pasien wanita yang berusia 22 dan 40 tahun telah mengalami kebutaan hingga berbulan-bulan karena pasien tersebut sebelumny sering menggunakan ponsel dalam gelap.

Sebelumnya, kedua pasien tersebut sering mengeluhkan bahwa mereka telah mengalami kebutaan temporer selama 15 menit dan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dr. Gordon Plant menemukan fakta bahwa kedua wanita tersebut ternyata sering menggunakan gadget mereka sambil tiduran dengan kondisi ruangan yang gelap, biasanya hal ini mereka lakukan menjelang mereka pergi tidur.

Lebih lanjut dokter itu menjelaskan bahwa kebutaan ini dipicu karena sebenarnya kedua mata mereka tidak bekerja secara bersamaan, sementara salah satu mata menatap layar ponsel sedangkan satu mata lainnya mengadaptasi kondisi gelap, hal itu menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan lebih parah lagi akan memicu kebutaan permanen seperti yang dialami oleh kedua wanita tadi.

Namun fakta itu ditolak oleh dr. Rahul Khurana dari American Academy of Ophthalmology, ia mengatakan bahwa teori yang dikemukakan oleh dr. Gordon Plant tidak sepenuhnya benar, karena dari kasus yang terjadi pada dua pasien wanita tadi belum bisa  membuktikan apakah kebutaan yang mereka alami benar-benar disebabkan oleh pola penggunaan gadget yang mereka lakukan atau memang ada hal lain yang memicunya.| Sumber: Skilztools