Persaudaraan Tidak Terwujud, Bila Tanpa Cinta Tanah Air

Monumen Garuda di Pesantren Majmaal Bahrain
Persaudaraan antar ummat tidak akan terwujud, bila tidak dimbangi dengan cinta tanah air. Demkian dikatakan Kyai Moch. Muchtar Mu’thi, ketika memberi wejangan kepada pengurus daerah Persaudaraan Cinta Tanah Indinesia (PCTAI) Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan dikediamannya, Pesantren Majmaal Bahrain – Shiddiqiyyah, Losari Kecamatan Ploso. Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (18/02/2015) malam.

Kyai Moch. Muchtar, yang juga Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah itu menasihati, bila bangsa ingin maju wajib menghormati para pedahulunya. “Beliaulah yang memerdakaan dan membagun negara kita ini, dan mereka punya hak untuk dihormati sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan”, ungkapnya.

Menurut pimpiinan pesantren dengan slogan “hubbul wathon minal iman” (cinta tanah air itu bagian dari iman) itu, mengungkap, bahwa sejarah ratusan tahun akan kembali berputar hanya bentuk pakaiannya yang membedakan. Diantara penjajahan yang halus misalnya, langkah ditempuh dengan berbagai cara agar sebuah bangsa itu lupa bahwa mereka pernah menjadi obyek penjajahan”, urainya.

Kyai Moch. Muchtar Mu’thi
“Untuk itu, pengalaman yang baik dari pendahulu kita wajib dilestarikan sedang yang tidak baik, ya harus kita tinggalkan’ jelasnya. 

Dalam pengalaman tersebut, ia kemudian menggagas pendirian Pesantren Cinta Tanah Air Indonesia Jatidiri Bangsa dan selanjurnya dikembangkan dengan mendirikan organisasi PCTA dengan beranggotakan selurus ummat lintas agama. Organisasi ini kini sudah menyebar hampir keseluruh propinsi dan kabupaten/kota se Indonesia.

Indentitas pesatren cinta tanah air, bukan hanya ditunjukkan pada pembelajaran pada satrinya, namun juga diwujudkan dalam monumen gedung-gedung pestren dengan ornamen maupun relief ungkapan kecintaan pada tanah air.

I Dewa Nyoman S Hartana
Sementara Sekretaris Jenderal PCTAI Pusat, I Dewa Nyoman S Hartana, menyatakan selain silaturrahmi kepada Kiyai, pihaknya juga memohon doa restu dalam persiapan pelaksanaan pembekalan dan pelantikan pengurus DPD se Indonesia.

“Insya Allah, pada tanggal 22 Maret nanti, kami akan selenggarakan acara pertemuan berupa pembekalan dan pelantikan pengurus DPD Propinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia”, jelasnya.

Selain itu, Nyoman menyatakan, Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri akan hadir memberi arahan kepada seluruh anggota PCTAI seluruh Indonesia dan sejumlah nara sumber lainnya yang dilaksanakan di Yusro Hotel Restaurant & Convention, Jombang (syafanton)