Menikmati Keindahan Senja Pantai Rongkang Bangkalan

Wisata Pantai Rongkang, di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, atau sekitar jarak sekitar 35 km ke arah selatan darijan tung kota Bangkalan.

Sedang Kabupaten Bangkalan sendiri posisinya berada di bagian paling barat Pulau Madura, atau berdekatan dengan Kota Surabaya. Melintas Selat Madura naik kapal fery lewat pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, atau cara cepat lewat Jembatan Suramadu, beberapa saat akan papan petunjuk kearah Kwanyar.

Pantai yang satu ini memang menarik sebagai panorama alam pantai. Konon populitas pantai ini dikenal, dulu, kata salah seorang warga setempat, awalnya pantai ini biasa-biasa saja, lantaran sering didatangi oleh masyarakat Madura, khususnya para pencinta alam dari Surabaya dan sekitarnya, Pantai Rongkang mulai diminati.

Selain pantainya berpasir, dibatas daratan pesisir ini banyak terdapat bebatuan yang besar dan terjal, diantaranya bertebaran pesisir. 

“Unik dan menarik”, ungkap Auli salah seorang remaja Sumenep yang pernah singgah ke pantai itu, beberapa tahun yang lalu. Ia bersama teman-temannya ketika pulang dari Surabaya dan melintas di baypas Suramadu bagian Madura, secara spontor ingin tahu Pantai Rongkang.

“Dulu jalannya masih kurang bagus, entah sekarang. Tapi pasti cukup indah dan bisa menikmati hamparan laut dari atas batu-batu yang bertebaran disana”, cerita Auli pada Madura Aktual. 

Kata orang-orang, tambah Auli, pada waktu senja dan malam hari, tampak sekali kerlip cahaya lampu kapal yang bertebaran di pelabuhan Tanjung Perak dan cahaya warna-warni lampu Jembatan Suramadu yang indah. 

“Saya ingin kembali datang, entah kapan”, pungkasny setelah bercerita panjang lebar keindahan Pantai Rongkang.

Kini giliran Anda. Nah (elma)