Festival Tong Tong Hari Jadi Sumenep ke 746 Dibanjiri Pengunjung

Salah satu peserta siap dilepas
Madura Aktual, Sumenep; Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan,Pariwisata, Pemuda dan Olah raga (Disparbudpora) bekerjasa dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKKPI) Sumenep, menyelenggarakan festival Tong Tong se Madura,.

Festival Tong Tong dalam memperingati hari jadi Kabupaten Sumenep ke 746 itu, dibuka dan dilepas oleh PLH Bupati Sumenep, Hadi Sutarto di depan stadion A. Yani Sumenep, Sabtu (31/10/2015) malam ini.

Hadi Sutarto mengatakan festival Tong Tong dilaksanakan tidak sekedar meramaikan haji jadi Sumenep, juga sebagai bentuk usaha melestarikan budaya daerah.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk menjalin rasa gotong royong, serta mempunyai semangat budaya dengan tetap mencintai budaya daerah,” ungkapnya

Menurut Sutarto musik Tong Tong memiliki beberapa makna filusufi, yaitu mengajar semangat kebersamaan.  “Keindahan musik tongtong karena adanya perpaduan, sebab bila satu atau dua saja yang membunyikan tong tong tentu tidak akan menimbulkan alunan  musik yang indah

Selain itu, musik Tong Tong memiliki prospektif tranformatif, karena perputaran waktu musik Tong Tong saat ini jelas berbeda dengan yang dulu. “ Musik Tong Tong juga memilki beberapa makna filusufi“

Sebagai agenda tahunan festival Tong Tong selalu dibanjiri pengunjung, dan memecetkan sejumlah ruas-ruas jalan di lalui peserta festival.

Festival Tong Tong yang diikuti 16 peserta itu, akan menetapkan 10 penyaji terbaik non rangking,  10 dekorasi terbaik non rngking dan 5 aransamen musik terbaik non rangking (mak)