Makan Sate Kambing Takut Tekanan Darah Naik, Ini Solusinya

Madura Aktual; Bila menghadiri acara undangan sebuah hajatan selamatan, pernikahan atau sekedar makan bersama keluarga atau teman, maupun pada saat Hari Raya Kurban kerap dihadapkan rasa khawatir dan takut menyantap hidangan ketika disuguhi sajian yang lezat juga seperti yang diinginkan.

Apa yang harus anda lakukan pada saat-saat itu terdapat hidangan sejumlah tusuk sate kambing dan gulai kambing yang aromanya terasa membongkar dinding hidung. Pada saat itu akan dihadapkan dua plihan, bila disantap apa jadinya? Bila tidak disantap bagaimana rasanya?

Pastinya bagai orang yang “dilarang” tentu lebih baik menahan nafsu daripada harus berakibat buruk pada tubuh dan kesehatannya, Sebagaimana diketahui, mengonsumsi daging kambing merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah tinggi. Terlebih pada mereka yang memang punya riwayat bermasalah dengan tekanan darah tinggi.

Tapi jangan khawatir, untuk meminimalisir resiko terkena tekanan darah tinggi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagaimana yang dikutip dari laman Men’sHealth.

1. Buah dan Sayur
Mengonsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan setelah mengonsumsi daging kambing. Beberapa jenis sayuran seperti mentimun, kubis, tomat, wortel, dan kemangi bisa jadi pilihan yang terbaik.

Terlebih lagi daun kemangi juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bau daging kambing di mulut kita. Buah-buahan juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk sehingga dapat menyeimbangkan kadar kolesterol.

2. Minum Air Jeruk Hangat
Minum air jeruk yang hangat lebih bagus karena bisa membantu membersihkan kerongkongan, dan sebaiknya hindari juga minum teh atau kopi setelah makan daging kambing.
Minuman seperti teh dan kopi bisa melarutkan kandungan zat besi yang ada pada makanan yang kita makan. Karena itu, nila memang terpaksa harus minum teh atau kopi, sebaiknya beri jeda sekitar 1 jam setelah kitaa makan daging kambing.

3. Air Kelapa Muda
Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

4. Lakukan Olahraga Ringan
Melakukan olahraga ringan bisa membantu mengurangi kadar kalori dan lemak dalam tubuh setelah makan daging kambing. Kita bisa coba lakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau lari-lari kecil.

Cara Mengolah Daging Kambing yang Benar untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi

Cara mengolah daging kambing juga berpengaruh terkait resiko tekanan darah tinggi. Jenis olahan yang tepat untuk daging kambing adalah sup atau sate. Daging kambing yang dibuat menjadi menjadi sup maka jumlah kalorinya lebih sedikit karena adanya tambahan air dan sayuran. Sementara itu bila dibuat sate menjadikan daging kambing memiliki jumlah lemak yang lebih sedikit karena proses pembakaran dan penggunaan bumbu rempah yang dicampur bisa menetralisir kadar lemak yang berlebih.(*)