Di Tengah Pandemi Covid 19, Berlebaran Harus Tetap Bersemangat


Sudah tinggal menghitung bebera hari lagi, maka hari kemenangan bagi ummat Muslim segera menjemputnya. Itulah yang dinanti-nati oleh masyarakat, lebih-lebih bagi seluruh keluarga

Meski pandemi virus corona atau Covid 19 menghadangnya, tentu harus tetap menyambut lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tetap menyambutnya dengan semangat dan suka cita setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa.umat agama islam diseluruh dunia

Biasanya, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut hari kemenangan tersebut. Persiapan harus dimulai dari sekarang sehingga nantinya tidak terkesan seperti persiapan dadakan yang mungkin akan membuat kerepotan.

Bagi anda yang ingin berlebaran di rumah dan belum mempersiapkan segala kebutuhan lebaran nanti, berikut beberapa hal yang dapat anda persiapkan mulai dari sekarang.

1. Catat segala keperluan lebaran

Hal yang pertama untuk dilakukan sebagai persiapan adalah membuat catatan penting mengenai apa saja yang menjadi keperluan saat lebaran nanti mulai dari hal terpenting sampai dengan hal yang mungkin menjadi penting.

Dengan mencatat secara rinci apa saja keperluan anda akan sangat membantu dalam mempersiapkan segala kebutuhan disaat lebaran nanti agar tidak kecolongan atau kelabakan.

2. Simpan Stok Makanan
 
Hal kedua untuk dipersiapkan adalah menyimpan stok makanan. Disaat lebaran nanti banyak tamu-tamu yang akan datang untuk bersilaturahmi jadi untuk menghindari kekacauan sebaiknya persiapkan stok makanan.

3. Membeli segala keperluan lebih awal

Hal ketiga untuk dilakukan adalah melakukan hal yang pertama tadi anda lakukan. Catatan mengenai setiap keperluan yang sudah anda buat sebelumnya sebaiknya segera dibelanjakan lebih awal. Agar tidak terjadi hal yang dihindari seperti kenaikan harga, kehabisan stok, toko tutup dan sebagainya.

4. Pembersihan rumah

Hal selanjutnya ini sangat penting, agar ketika tamu datang bersilaturahmi ke rumah anda merasa nyaman dan betah saat berkunjung.

Momen lebaran bisa menjadi saat yang tepat untuk membersihkan seluruh bagian rumah. Pembersihan secara keseluruhan termasuk furniture dan perabotan-perabotan rumah agar tampak lebih bersih dan menyegarkan pemandangan.

Bersihkan setiap sudut ruangan, setiap tirai-tirai dan jikalau anda ingin tampilan baru yang fresh anda dapat mengecat ulang rumah. Selain dibersihkan, diperlukan juga penataan ulang susunan perabotan.

Anda juga dapat mengurangi perabotan atau furniture yang kurang diperlukan dari ruangan yang anda gunakan untuk menyambut tamu. Dengan begitu, ruangan tamu anda dapat menambah space yang berguna jika tamu anda yang datang berkunjung banyak.

Momen lebaran juga bisa menjadi kesempatan untuk merenovasi bagian-bagian rumah yang mengalami kerusakan. Tetapi sebaiknya renovasi dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari lebaran semakin dekat.

Bukan hanya tamu akan senang bahkan penghuni rumah sendiri akan merasa fresh dengan suasana dan tampilan baru dari tempat tinggalnya.

5. Belanja Baju Lebaran

Hal berikut ini sudah pasti tidak terlewatkan dari beberapa catatan penting anda. Sudah menjadi tradisi jikalau hari lebaran menggunakan baju baru.

Namun untuk menghindari harga yang tiba-tiba mahal, sebaiknya anda mulai mempersiapkan untuk berbelanja baju baru lebih awal. Ada baiknya 2 atau 3 minggu sebelum hari lebaran.

Anda juga dapat menggunakan kesempatan untuk berbelanja dengan survey diskon dan promo yang ditawarkan oleh pusat-pusat perbelanjaan. Tapi tetap ingat anggaran pembelanjaan agar tidak keteteran soal pengeluaran.

6. Siapkan Kue Lebaran

Menyiapkan kue lebaran juga sudah menjadi agenda tahunan setiap hari lebaran. Bagi anda yang tidak ingin pengeluaran drastis meningkat dan anda termasuk pribadi yang mampu untuk membuat kue-kue, ada baiknya membuat kue lebaran sendiri.

Namun jika anda tidak memiliki keahlian dalam membuat kue, anda survey dahulu tempat penjualan kue dengan kualitas baik dan harga miring.

7. Siapkan Amplop bagi THR

Meskipun tidak diwajibkan namun berbagi sudah menjadi tradisi bagi kita tentunya terutama bagi anak-anak. Maka anda harus membuat persiapan amplop untuk salam tempel bagi anak-anak.

Selain itu, jangan lupa untuk berbagi THR bagi kaum papa yang ada disekitar tempat tinggal anda. Tidak perlu dalam jumlah besar, yang penting anda ikhlas. Karena banyak atau sedikit rezeki yang anda berikan akan sangat membantu bagi mereka.

8. Dana Darurat

Persiapkan juga dana darurat, jangan sampai anda kewalahan dalam mengatur keuangan. Siapkanlah dana darurat dalam bentuk tunai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Bayar Zakat

Jangan sampai hal terakhir tersebut dilupakan karena semua uang habis terkuras untuk melengkapi kebutuhan saat lebaran. Membayar zakat adalah suatu kewajiban yang tidak dapat diabaikan.

Dengan membayar zakat, anda sudah berbagi kebaikan dan kebahagiaan kepada orang-orang kurang beruntung.

Beberapa hal diatas hanya berupa gambaran untuk membantu anda dalam persiapan menyambut lebaran nanti. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda sebenarnya.

Dan dari beberapa persiapan di atas, persiapan yag harus disiapkan secara matang adalah diri sendiri Rayakan kemenangan ini dengan bijak serta berikan manfaat untuk hari selanjutnya serta siapkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk hari kedepannya. (*)

Post a Comment

0 Comments