Pemerintah Mulai Lirik Keberadaan Penjual Ikan Bakar Talangan

Heni Yulianto (el)
Madura Aktual, Sumenep; Keberadaan pedagang ikan bakar yang memanfaatkan tepian jalan Aria Wiraraja, lingkar timur Sumenep, Madura atau dikenal Talangan itu, kini bisa bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat rupanya melirik keberadaan pedagang ikan tersebut.

Paling tidak Dinas Kelautan dan Perikanan, akan memberikan bantuan tempat pemanggangan ikan, sedangkan PU Pengairan yang bertanggung jawab area pinggiran jalan lingkar sepakat memberi ijin membuka dagangan ikar bakarnya di lokasi tersebut. 

Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindak) Kabupaten Sumenep, Heni Yulianto mengatakan pihaknya sedang merencanakan panataan pelaku usaha sehingga nantinya area tersebut menjadi area wisata kuliner ikan bakar yang bagus, menarik dan akan menjadi ikon dunia usaha baru di Sumenep.

“Rencana kedepan dari Pemerintah Kabupaten akan membangun gazebo-gazebo di sebelah timur jalan, namun saat ini masih dalam proses koordinasi dengan PT Garam, “ ungkap Heni pada Madura Aktual, Rabu (25/02/2015). 

“Mudah-mudahan secepatnya koordinasi itu berjalan dengan baik sehingga area itu nantinya dari pintu keluar terminal sampai pertigaan sebelah timur menjadi area baru bagi pedagang ikan bakar”, tukas Heni. 

Selain dibangun gazebo, juga akan disediakan area parkir. “Selama ini mereka menempati sisi jalan barat, nah ternyata asapnya dikeluhkan oleh warga perumahan sebelah baratnya”, ungkapnya. (baca juga:  Penjual Ikan Bakar Talangan, Pastikan Tidak Pakai Formalin)

Kesungguhan Pemerintah Kabupaten menciptakan usaha baru bagi para pedagang ikan bakar akan ditindaklanjuti dengan perencanaan anggaran yang akan dianggarkan melalui APBD. 

Apabila koordinasi dengan PT Garam, sebagai pemilik lahan sebelah timur jalan disepakati, maka akan secepatnya direalisasi. “Kuncinya ada pada PT Garam, kalau proses itu cepat maka pembangunan gazebo dan sarana pendukungnya bagi para pedagang akan cepat pula”, tukasnya. (El)