BMKG: Awal Meret Sumenep Berpotensi Hujan

Madura_Aktual, Sumenep; Awal bulan Maret 2019, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diguyur hujan dengan intensitas ringan. Hal itu sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Sumenep, Utsman Khalid mengatakan, dalam keterangan tertulisnya pada tanggal 1 Maret ini, Kabupaten Sumenep dan wilayah Jawa Timur pada umumnya berawan, dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Hari ini akan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Masalembu, Perairan Bawean, Perairan Selatan Jawa Timur, dan Samudera Hindia selatan Jatim berlaku mulai dari jam 07.00 WIB hingga 24 jam ke depan," terangnya, Jumat (01/03/2019).

Menurutnya, dengan kondisi arah angin pada umumnya berhembus dari arah Timur-Tenggara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa 20 knot (37 kilometer/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim 24 knots (44 kilometer/jam).

“Kalau untuk ketinggian gelombang di Selat Madura antara 0.25 hingga 0.5 meter, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 0.5 hingga 1.0 meter dan Samudera Hindia selatan Jatim antara 1.3 hingga 2.5 meter,” ujar Utsman.

Selain itu BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sumenep untuk tetap berhati-hati dan senantiasa update informasi cuaca sebelum beraktifitas.

“Prakiraan suhu cuaca di daerah Sumenep saat ini berada di kisaran 26°C (derajat celcius) dini hari, 26°C (derajat celcius) pagi, siang berada di kisaran 32°C (derajat celcius). Dan malam berada di kisaran 25°C (derajat celcius),” tukasnya.

Untuk kecepatan angin darat, kata Utsman, di kisaran 9,3 kilometer/jam dini hari, 9,3 kilometer/jam pagi, 27,8 kilometer/jam siang dan 18,5 kilometer/jam malam hari.

“Kalau untuk kelembaban berada di kisaran 95 persen dini hari, 85 persen pagi, 70 persen siang, dan 90 persen malam hari,” pungkasnya. (Media Center)
•   
•