Dampak Positif dan Negatif Aplikasi WhatsApp


Dampak positif dan negatif dari penggunaan aplikasi WhatsApp tidak berbeda jauh dengan aplikasi media sosial lainnya. berikut ini merupakan dampak positif dan negatif sosial WhatsApp media :

Dampak Positif :
  1. Untuk menjaga silaturahmi keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat  media sosial hal itu bisa dilakukan.
  2. Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang update sangat mudah untuk tersebar melalui situs jejaring media sosial. Hanya dalam  beberapa menit, kita telah bisa menikmati informasi.
  3. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring media sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapapun yang menggunakan media sosial, bahkan dengan orang yang belum kita kenal dari berbagai penjuru dunia.
  4. Situs jejaring media sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empaty dengan sesama
  5. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna dapat belajar mengajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan. 
  • Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  • Media pertukaran/mengirimkan data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat.
  • Sebagai media promosi  bisnis. Hal ini dapat memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. 
Dampak Negatif :
  1. Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas belajar berkomunikasi secara  nyata. Hal ini memang benar sekali, karena saya mempunyai teman yang sangat aktif di sosial media, dia selalu memposting apa saja yang sedang mereka kerjakan, namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika bertemu secara nyata. Orang yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung nyatanya adalah orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
  2. Situs sosial media akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di dunia maya. Pernahkah kalian jalan-jalan atau bepergian dengan seseorang, tetapi orang yang kalian ajak jalan malah asik dengan ponsel dan sosial medianya sendiri?
  3. Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna sosial media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.
  4. Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.
  5. Berkurangnya privasi pribadi. Dalam sosial media  kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, Sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan ke lingkup sosial.
  6. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab